How to Manage Bandwidth in Mikrotik - BELAJAR BERSAMA

August 10, 2018

How to Manage Bandwidth in Mikrotik

Assalamu'alaikum sobat semua semoga semuanya ada dalam keadaan sehat wal'afiat amiiiiin. pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaiman kontrol bandwith pada mikrotik tepatnya pada simple queues. Kenapa harus simple queues, karena simple queues merupakan cara paling mudah untuk melakukan limiitasi pada routerOS kita bisa melakukan pengaturan bandwith secara sederhana berdasarkan IP Address clinet dengan menetukan kecepatan upload dan download maksimum yang di capai oleh clint.
Metode yang akan saya terapkan kali ini mengunakan metode sahre, untuk contoh limitasi share sebagai berikut :
How to Manage Bandwidth in Mikrotik
Contoh topologi nya seperti di atas dari sumber internet masuk ke mikrotik ether1 kemudian ether2 masuk ke swich hub dan di bagi ke tiap PC atau client. untuk limitasinya masing-masing pc saya akan kasih 512kbps dan total bandwith yang masuk ke router mikrotik adalah 2Mbps, pertama kita setting dulu mikrotiknya agar internet bisa kita share ke PC client, untuk cara seting mikrotik dasar bisa buka postingan saya sebelumnya.
Ok sekarang kita langsung ke TKP
Seting Total Bandwith
How to Manage Bandwidth in Mikrotik
Untuk cara seting total bandwith yang pertama kita login ke mikrotik kemudian pilih menu Queues yang ada pada menu mikrotik paling kiri, kemudian klik tanda + setelah itu akan muncul tampilan Nwe Simple Queues, parameter yang kita sisi yang pertama adalah nama disini saya kasihnama Total Band with kemudian parameter Target Address dan yang terahir pengisian parameter max limit bagian ini merupakan limitasi bandwith upload dan download yang nanti akan di terima oleh client setelah semua selesai di isi tinggal kita klik apply.
Limitasi Bandwith PC 1, 2, 3
How to Manage Bandwidth in Mikrotik
How to Manage Bandwidth in Mikrotik
Selanjutnya adalah limitasi pada clinet atau PC 1, 2, dan 3, sebetulnya bagian ini hampir sama dengan cara seting limitasi Total Bandwith, yang membedakannya adalah ada tambahan parameter tang harus kita seting yaitu pada menu advanced kemudian klik parameter parend nanti akan muncul Total Bandwith kita pilih kemudian Apply.
Untuk hasil setingan kita tadi pasti akan seperti pada gambar di bawah ini
How to Manage Bandwidth in Mikrotik

Selesai sudah cara seting bandwith simple queues share semoga artikel ini bisa mudah di pahami oleh temen-temen, dan semoga artikel ini juga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, ahirkata dari saya LIHAT, PELAJARI, PERAKTEKAN
WASALAM........

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan